SMK Negeri 1 Kelapa CERIA Cerdas Empati Ramah Inovatif Amanah

14 Juli 2024

Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kelapa

Tahun Pelajaran 2021/2022

Pasca Pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, tahun ini SMK Negeri 1 Kelapa menggelar acara Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022 pada Jumat, 03 Juni 2022. Acara ini dipusatkan di lapangan SMKN 1 Kelapa yang berlokasi di Jalan Raya Kelapa-Muntok KM.73 Desa Dendang Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Cabdin Wilayah IV Kabupaten Bangka Barat, Pengawas SMK Kabupaten Bangka Barat, Koramil Kelapa yang diwakili oleh Babinsa Kelapa, Polsek Kelapa yang diwakili oleh Babin Desa Dendang, Kepala Desa Dendang, Ketua Komite SMKN 1 Kelapa, Kepala SMKN 1 Kelapa beserta seluruh Dewan Guru dan Staf serta Siswa kelas XII (Dua Belas) bersama orangtuanya.

Pada tahun ini, sebanyak 173 orang siswa yang berasal dari 4 Kompetensi Keahlian menerima surat kelulusan. 51 siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan, 65 siswa Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, 28 siswa Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian dan 29 siswa Multimedia.

Dalam sambutannya, Alzam, M.Pd selaku Pengawas SMK juga menyampaikan sejatinya sesuai dengan tujuan kurikulum SMK dimana siswa SMK berpotesi memilih 3 hal setelah ia menamatkan pembelajarannya dengan istilah BMW, Bekerja, Melanjutkan Studi atau Wirausaha”. Siswa SMK harus siap kerja dan itulah yang membedakan lulusan SMK dengan lulusan SMA.

Ir. Zaryati selaku Kepala SMKN 1 Kelapa juga menjelaskan bahwa diadakannya acara Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan siswa kelas XII ini sebagai momentum penting bagi siswa. Sebagai siswa yang bersekolah di SMK Pertanian harus bangga menjadi petani-petani milenial yang nantinya diharapkan segera terserap di Perusahaan/Industri baik yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun diluar Provinsi. Sekaligus beliau juga menghimbau setiap siswa yang telah dinyatakan lulus harus langsung masuk ke grup alumni SMKN 1 Kelapa untuk memantau informasi lowongan kerja yang disediakan oleh Bursa Kerja Khusus SMKN 1 Kelapa. Kepala Sekolah juga menggaungkan slogan yang harus diingat selalu oleh Siswa Pertanian yakni “No Farm, No Food, No Life”, sebagi ujung tombak kehidupan manusia di bumi dimana tidak ada pertanian maka tidak akan ada makanan dan tidak ada kehidupan.

Dalam acara ini juga terdapat sesi unik yang mungkin hanya dilakukan di SMKN 1 Kelapa pada saat momen Perpisahan Siswa. “SASI SATAM (Satu Siswa Satu Tanaman)” dimana setiap siswa membawa 1 bibit tanaman langka. Bibit tanaman tersebut diberikan secara simbolis oleh 4 orang siswa mewakili 4 Kompetensi Keahlian atau Jurusan yang ada di SMKN 1 Kelapa. Hal ini  sebagai bentuk kecintaan siswa kelas XII kepada Sekolah dan meninggalkan kenangan baik serta bermanfaat bagi alam dan sekolah itu sendiri. Jadi, Siswa Kelas XII hari ini tidak coret-coret baju sebaliknya mempercantik lingkungan sekolah dengan membudidayakan tanaman langka seperti Matoa, Malik, Binjai, Jambu Mete, Sirsak, dll.

Bapak Rahmat yang merupakan perwakilan dari orangtua siswa kelas XII dalam sambutannya mengungkapkan rasa bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh dewan guru yang sangat berjasa mendidik anak-anak mereka selama 3 tahun ini. “Permintaan maaf dari kami, jika selama 3 tahun ini banyak kesalahan yang telah dilakukan anak-anak kami dan dari kami selaku orangtua mereka” ungkap Pak Rahmat.

Pada Acara Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan siswa kelas XII juga diberikan piagam dan penghargaan kepada 3 orang siswa yang mendapatkan nilai tertinggi dalam Ujian Sekolah.

Terakhir, dalam acara tersebut, Kesinatari yang mewakili seluruh siswa Kelas XII SMKN 1 Kelapa memohon kepada seluruh Guru dan Orangtua untuk selalu berdoa dan mendukung mereka agar menjadi manusia yang semakin baik dan membanggakan nama almamater SMK Negeri 1 Kelapa.

“Hubinmas SMKN 1 Kelapa”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *