• gambar
  • gambar

- SMK Negeri 1 Kelapa merupakan sekolah pertanian pertama yang menjadi LSP P1 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 KELAPA

NPSN : 10900601

Jl.Raya Kelapa - Muntok Km 73 Desa Dendang Kec.Kelapa Kab.Bangka Barat 33364


info@smkn1kelapa.sch.id

TLP : 0813 7369 8570


          

Banner

Jajak Pendapat

Pembelajaran daring yang dilakukan SMK Negeri 1 Kelapa selama Covid-19?
Menyenangkan
Biasa Saja
Tidak Menyengakan
  Lihat

Statistik


Total Hits : 65345
Pengunjung : 32800
Hari ini : 14
Hits hari ini : 84
Member Online : 1
IP : 3.226.72.118
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

MUDAHH DAN PRAKTIS!!!!! INI RESEP MANISAN DARI BELIMBING WULUH




Belimbing wuluh atau juga popular di kenal dengan nama belimbing sayur, mempunyai cita rasa yang asam. Karenanya ia benar-benar popular dipakai untuk penyegar di kuah makanan. Selain itu, berkat kandungannya yang kompleks, belimbing wuluh juga kerap dipakai untuk bahan obat herbal yang memanglah dapat dibuktikan ampuh. Walau diketahui mempunyai banyak manfaat, ternyata beberapa orang yang condong hindari belimbing wuluh karena rasa asam nya yang cukup terasa di lidah.

Nah, untuk sobat CERIA semua yang ga bisa makan yang asam. Mimin punya resep manisan belimbing wuluh yang praktis dan cocok buat dijadiin cemilan selama dirumah aja..

Cusss liat resepnya :)

Langkah pertama, siapkan bahan. Bahan yang diperlukan antara lain :

Belimbing wuluh fresh sejumlah dua  kilogram. Yakinkan bunga di ujungnya sudah anda bersihkan. Gula pasir sejumlah 1, 5 kilogram, Air bersih sejumlah 1 liter, Kapur sirih sejumlah 1 sendok makan.

Kalau sudah disiapkan bahannya langsung ke pembuatannya yaa..

Sesudah seluruh bahan sudah ada, langkah pertama yang Anda kerjakan yaitu mencampurkan dua liter air dengan kapur sirih. Campur dengan cara rata. Kemudian biarlah sekian waktu sampai terwujud endapan.

Susunan atas yaitu air kapur sirih yang bakal dipakai. Sesaat susunan bawah yaitu endapan kapur sirih. Pisahkan air serta endapan kapur sirih dengan jeli karena kapur sirih mempunyai rasa pekat serta pahit yang bakal bikin rasa manisan Anda terganggu.

Untuk memperoleh mutu air yang bening, Anda dapat mendiamkan kombinasi air serta kapur sirih ini sepanjang 24 jam.

Sesudah diperoleh air kapur sirih, taruh di wadah bersih. Setelah itu potong sisi pangkal belimbing wuluh supaya air kapur sirih lebih meresap hingga ke dalam.

Kemudian rendam belimbing tersebut di air kapur sirih sekurang-kurangnya dua jam lamanya. Sesudah saat cukup, ambillah belimbing serta bersihkan dengan air masak. Tahap selanjutnya yaitu mendidihkan air sejumlah satu liter.

Sesudah mendidih, masukkan gula sejumlah 500 gram. Tunggulah sampai kembali mendidih. Kemudian, matikan api.

Masukkan belimbing yang sudah dibikin bersih ke dalam air gula yang tetap dalam situasi panas. Biarlah belimbing didalam larutan gula serta air itu sepanjang satu hari penuh.

Kemudian pisahkan belimbing serta tiriskan. Setelah itu, didihkan kembali air gula tadi serta kembali imbuhkan 500 gram gula pasir. Masak sampai kembali mendidih serta matikan api. Setelah itu, kembali masukkan belimbing wuluh yang sudah ditiriskan tadi.

Rendam lagi sepanjang satu hari penuh. Kemudian kembali tiriskan belimbing serta masak lagi air gula. Imbuhkan sisa gula sejumlah 500 gram serta masak lagi hingga mendidih. Paling akhir masukkan lagi belimbing wuluh serta rendam seharian penuh.

Sesudah usai, belimbing wuluh ditiriskan serta dijemur dibawah cahaya terik matahari sepanjang 2 hari. Sepanjang masa penjemuran, yakinkan belimbing dalam situasi bersih. Sesudah kering, manisan belimbing wuluh dapat dinikmati berbarengan keluarga yang terkasih.

Selamat mencoba sobat CERIA :*




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas