• gambar
  • gambar

Selamat Datang di SMK Negeri 1 Kelapa

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 KELAPA

NPSN : 10900601

Jl.Raya Kelapa - Muntok Km 73 Desa Dendang Kec.Kelapa Kab.Bangka Barat 33364


info@smkn1kelapa.sch.id

TLP : 0813 7369 8570


          

Banner

Jajak Pendapat

Pembelajaran daring yang dilakukan SMK Negeri 1 Kelapa selama Covid-19?
Menyenangkan
Biasa Saja
Tidak Menyengakan
  Lihat

Statistik


Total Hits : 85937
Pengunjung : 37336
Hari ini : 10
Hits hari ini : 130
Member Online : 1
IP : 3.236.68.118
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pendapat Siswa saat pelatihan jurnalistik di SMK N 1 Kelapa




Ayu Wandira Sesar (17) setiap hari menempuh jarak puluhan kilometer ke SMKN 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berbekal sepeda motor Jupiter MX, siswa kelas 10 Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) ini menimba ilmu di sekolah kejuruan pertanian petama di Bangka Belitung tersebut.

Penyuka mata pelajaran Biologi ini bercita-cita menjadi seorang dokter. Ia ingin berbakti dan dapat menolong masyarakat yang sakit.

Profil singkat anak pertama pasangan Syainudin dan Darlina ini terungkap saat sesi wawancara pada pelatihan jurnalistik siswa-siswi SMKN 1 Kelapa, Kamis (31/12).

Sebanyak 23 siswa terdiri dari kelas 10, 11 dan 12 belajar jurnalistik bersama nara sumber News Manager Bangka Pos Group Dodi Hendriyanto didampingi Manajer Sirkulasi Aditiawarman.

Lebih dari tiga jam, para siswa ini belajar menulis berita dan seluk beluk jurnalistik.

"Saya berharap melalui pelatihan ini, para siswa kami ini mau dan mampu menulis berita. Selain bisa menjadi pelopor informasi dari SMKN 1 Kelapa, belajar jurnalistik ini juga penting untuk para siswa ketika menulis laporan nanti," ujar Ir Zaryati, Kepala SMKN 1 Kelapa, saat membuka Pelatihan Jurnalistik di ruang Kelas 10 Multimedia SMKN 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat.

Menurut Zaryati, pelatihan jurnalistik dan menulis ini sudah menjadi program SMKN 1 Kelapa.

Selama ini menurut alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut banyak prestasi sekolah yang sudah diraih selama 16 tahun.

Namun karena kurang publikasi, membuat prestasi selama ini tidak diketahui oleh masyarakat secara luas.

 

 "Kita berharap melalui jurnalistik ini nantinya semua aktivitas SMKN1 Kelapa ini bisa diketahui masyarakat.Harapannya kebaikan yang telah kita peroleh bisa memberikan kebanggaan bagi siswa, guru bahkan Kabupaten Bangka Barat ini," harap Zaryati.

Pelatihan jurnalistik dimulai sekitar pukul 09.15 WIB.

Para peserta mendapatkan pelatihan dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara hingga praktek membuat berita.

"Membuat berita itu mudah, asal ada keinginan. Semua yang ada di lingkungan sekolah ini bisa menjadi bahan dan sumber berita. Tetapi usahakan berita yang akan diterbitkan memenuhi unsur aktual, faktual, penting dan menarik," jelas Dodi Hendriyanto.

Saat praktik wawancara, seluruh siswa peserta jurnalistik terliat antusias.

Setiap siswa mengajukan beragam pertanyaan kepada Ayu Wandira Sesar yang dijadikan narasumber dadakan.

Materi wawancara ini menjadi sumber peserta jurnalistik membuat berita profil.

"Semakin banyak bertanya, maka semakin banyak bahan untuk merangkai berita. Karena salah satu modal wartawan adalah selalu tidak puas untu menggali informasi dari obejk berita," ujar Dodi.

Pelatihan jurnalistik ditutup sekitar pukul 14.00 WIB. Kepala SMKN 1 Kelapa Zaryati meminta seluruh peserta terus berlatih menulis dan menerapkan hasil pelatihan jurnalistik.

"Jika kalian mau dan mampu menulis, bisa saja nanti kita bekerjasama dengan Bangka Pos membuat rubrik Student News Paper," ujar Zaryati usai pelatihan. (doi)



Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Rahasia Siswi SMK ini Dibongkar 22 Temannya, http://bangka.tribunnews.com/2016/01/02/rahasia-siswi-smk-ini-dibongkar-22-temannya?page=2.

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas